<body>


tag pls





Y Your blog,your rules



the Owner

Your blog, your profile(:


amors

What'd ya like?


get outta here


Ajep Kid's
Pak Jep
Meimei


Recently


Way back then


Februari 2009




Senin, 09 Februari 2009

=) "candi borobudur"

Lebih dari 1000 tahun sesudah pembangunannya Borobudur masih tegak berdiri , sebuah bukti nyata kejayaan nusantara dimasa lalu. Untuk membuat mahakarya seagung Borobudur, diperlukan tidak hanya kemampuan intelektual yang tinggi tapi juga dukungan logistik stabilitas keamanan dan kemampuan ekonomi yang luar biasa. Candi Borobudur merupakan candi terbesar kedua setelah Candi Ankor Wat di Kamboja. Luas bangunan Candi Borobudur 15.129 m2 yang tersusun dari 55.000 m3 batu, dari 2 juta potongan batu-batuan. Ukuran batu rata-rata 25 cm X 10 cm X 15 cm. Kalau kita lihat dari kejauhan, Borobudur akan tampak seperti susunan bangunan berundak atau semacam piramida dan sebuah stupa.

Sampai saat ini ada beberapa hal yang masih menjadi bahan misteri seputar berdirinya Candi Borobudur, misalnya dalam
- hal susunan batu,
- cara mengangkut batu dari daerah asal sampai ke tempat tujuan,
- apakah batu-batu itu sudah dalam ukuran yang dikehendaki atau masih berupa -bentuk asli batu gunung,
- berapa lama proses pemotongan batu-batu itu sampai pada ukuran yang dikehendaki, - bagaimana cara menaikan batu-batu itu dari dasar halaman candi sampai ke puncak, alat derek apakah yang dipergunakan?
- Gambar relief,
- Apakah batu-batu itu sesudah bergambar lalu dipasang, atau batu dalam keadaan polos baru dipahat untuk digambar.
- Dan mulai dari bagian mana gambar itu dipahat, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas?
Masih banyak pertanyaan yang mungkin terlintas....

Nah, tahukan anda di balik kebesaran candi Borobudur itu ada mitos, bahwa kalau anda sudah berkunjung ke candi borobudur, maka sempatkan waktu anda untuk mendekati salah satu stupa, yang sampai sekarang terus masih menjadi pujaan para pengunjung, khususnya pengunjung wanita. ~.~

Nah kalau anda sudah sampai ke stupa tesebut, jangan lupa untuk memasukkan tangan anda ke dalam stupa , usahakan sampai bisa menyentuh bagian tubuh arca yang ada di dalam stupa tersebut, lebih bagus lagi kalau anda bisa menyentuh "maaf" bagian yang paling sensitive dari arca tersebut. Menurut mitos yang beredar bagi siapa saja yang berhasil memasukkan tangannya dan sampai menyentuh arca dalam stupa itu, maka semua yang anda cita citakan selama ini bisa menjadi kenyataan.

Coba aza deh! mumpung arcanya masih duduk di dalam stupa...hmm...!


Last Updated @ 19.10

xoxo,group1=D Y